Century.co.id, (Opini) – Seiring dengan perkembangan zaman ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perubahan fundamental . berkembang begitu cepat dan dinamis membawa dampak yang siknifikan bagi semua aspek kehidupan manusia.pada revolusi industry mendorong terjadinya disrupsi pada berbagai bidang kehidupan manusia termasuk salah satunya dalam dunia pendidikan yang dapat memberikan peluang sekaligus tantangan, perkembangan teknologi memberikan seluas – luasnya kesempatan untuk mengakses informasi dan pengetahuan menebus batas ruang waktu melalui media internet.
Bagaimanakah kita mempersiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan pendidikan di Era 5.0 ?
Untuk menjawab pertanyaan uraian di atas tentunya kita sebagai akademisi mengambil peran mempersiapkan anak didik kita melalui pendidikan Informal, Formal, Nonformal dalam mempesiapkan SDM yang mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman. perkembangan era digitalisasi ini membawa dampak posisitf dan negative sehingga penguasaan tehnologi informasi saja tidaklah cukup namun diperlukan sikap kepedulian teknologi untuk menghadapi tantangan era 5.0. siapakah yang berperan dalam mempersiapkan SDM tentunya semua pihak terkait bekerja sama mulai dari orang tua, pendidik , masyarakat dan pemerintah serta stackholder yang terkait untuk bersama – sama mempersiapkan SDM yang berkualitas trampil di bidangnya.
Society adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan pemanfaatan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industry, untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, cara kita hidup, bekerja dan berhubungan dengan orang lain tetapi sebetulnya revolusi industry dan 5.0 bukan hal yang baru dimana era yang kembali pada masa industry. kolaborasi manusia dengan teknologi semakin nyata. adanya society 5.0 menimbulkan tantangan tersendiri dalam berbagai tantangan dalam bidang kehidupan, salah satunya adalah dalam bidang pendidikan termasuk dalam pembelajaran kegiatan pembelajaran adalah tahapan kegiatan pendidik dan pesreta didik dalam proses belajar mengajar dalam menyelenggarakan program pendidikan.
Pendidikan di era society menuntu setiap orang atau individu untuk lebih kreatif, inovatif , roduktif adaptif dan juga kompetetif , selain itu pada era society ini di perlukan pendidikan tentang kecakapan hidup atau yang di kenal dengan istilah 4C yang dimaksud 4C adalah : Creativity, Critical Thinking communication, Callaboration. 4c ini perlu dimiliki Setiap Individu dalam menghadapi tuntutan zaman era society 5.0.
Konsep masayrakat masa depan yang di gagas dan dipolopori oleh Negara jepang dengan seburan Society 5.0 merupakan suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia berbasis teknologi, dimana metode pembelajran apa yang harus digunakan guru di era 4.0 ini yakni mengikuti era revolusi industry 4.0 tentunya model pembelajran menggunakan metode yang diberikan kepada siswa perlu menyesuaikan dengan eranya salah satu metode yang sesuai dengan era saat ini adalah blended learning .
Bagaimana peran pendidik dalam menghadapi perubahan dibidang sosial atau system sosial , peranan penting pendidikan dalam kehidupan dan dalam perubahan sosial dimasyarakat ialah untuk membekali dan mempersiapkan masyarakat untuk menjadi lebih baik dan menghadap ataupun mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi akibat dari perubahan sosial, bagaimana peran pendidikan terhada perkembangan peserta didik? Tentunya di tuntut peran pendidik daalam mnghadapi permasalah perkembangan peserta didik antara lain memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang kesehatan, reproduksi, bahaya seks bebas dan penyalahgunaan narkoba serta miras, dalam membantu peserta didik mengembangkan sikap apresiatif terhadap postur tubuh atau kondisi dirinya.
Bagaimana peran pendidikan untuk kemajuan perkembangan Negara yang sedang berkembang? Pendidikan adalah sumber dari segala sumbe rkemajuan suatu bangsa kerena dengan melalui pendidikan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa tersebut dapat ditingkatkan, sumber daya mnusia merupakan asset utama dalam membangunsuatu bangsa tidak terkecuali bagi bangsa kita Indonesia.
Konstrubusi pendidikan dalam menyiapkan sumber daya bagaiman menghadapi perkembangan IPTEK yakni dengan adanya pendidikan dapat membantu kita menghadapi perkembangan dan perubahan teknologi. Misalnya dengan memabtu menyring hal mana yang positif dan mana yang negatif.mengapa konsep society dianggap penting karena dengan adanya society ini mnusia di ajarkan untuk dapat mengintegrasikan kehidupan antara dunia maya dan dan dunia nyata dengan baik sehingga akan trjadi keselerasan yang berdampak terhadap meningkatkan kualitas hidup manusia apayang harus dilakukan seorang guru agar proses pembelajran dapat berlangsung sesuai dengan rancangan kegiatan belajar yang telah disusun ada 9 hal yang perlu diperhatikan oleh guru dalam pendidikan melalui proses pembelajaran yakni ; merancang pembelajaran, membuat metode pembelajaran variatif, guru membawa siswa kedunia nyata , guru memperhatikan kemampuan awal siswa atau memahami karakteristik siswa melakukan pendekatan dengan siswa, merapkan nilai – nilai , norma etika, membuat peraturan yang jelas, untuk mempersiapkan peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.
Tentunya dari berbagai kajian diatas peran pendidik menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan zaman terhadap perkembangan revolusi industry 4.0 dan society penuh dengan tantangan dan peluang yang tak bisa kita hindari dengan mengedepankan dunia pendidikan yang memegang peranan penting dalam menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia unggul, perubahan yang dilakukan tidak hanya dalam cara mengajar tetapi yang terpenting adalah perubahan cara pandang terhadap konsepsi pendidikan itu sendiri pendidik berperan sebagai penginspirasi bagi tumbuhnya kreativitas peserta didik, pendidik berperan sebagai pasilitator, tutor, menginspirasi dan memotivasi peserta didik untuk merdeka belajar.
Pendidik bagaimana menyiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan Zaman dengan membekali peserta didik kemampuan siswa dalam dimensi pedagogik ketrampilan dan kecakapan hidup bisa berkolaborasi dan berfikir kritis mengembangkan soft skill memotivasi diri, meningkatkan ketrampilan teknologi digital dan memanfaatkan instrument teknologi kedalam proses pembelajaran menanamkan nilai – nilai karakter, berahlak mulia, trampil kreatif inovatif sehingga mampu mendampingi , membimbing siswanya dalam proses pembelajaran diman peran seorang pendidik tidak akan tergantikan oleh teknologi secanggih apapun di dunia dalam menghadapi tantangan pendidikan Era 5.0.
Penulis :
Maryam, Ansar, Hariadi Said, dan Arwildayanto. (Program S3 Pendidikan Pascasarjana UNG)